Posted on

Kebaikan Hati

Sebagai balasan terhadap kasihku mereka menuduh aku, sedang aku mendoakan mereka. (Mazmur 109:4)

Bagaimana rasanya jika Anda berbuat baik pada seseorang, tapi orang itu malah bersikap jahat pada Anda? “Hati ini rasanya sakit sekali.” Kebanyakan orang akan menjawab begitu. Perasaan itu muncul karena kita tidak memiliki motivasi murni ketika berbuat baik. Banyak orang Kristen yang menolong orang lain, tapi disertai harapan agar orang itu menjadi Kristen. Ada juga gereja yang berbaik-baik dengan tetangga supaya gerejanya terhindar dari gangguan. Ada pula orang Kristen yang berderma supaya dikenal sebagai seorang dermawan.

Maka tak heran, ketika ternyata “hasil” yang didapat tidak sesuai dengan keinginan kita, kita lalu menjadi kecewa. Apalagi jika kebaikan kita justru ditanggapi secara negatif. Kita masih ingat Yayasan Doulos yang dibakar massa. Lembaga yang berusaha memulihkan pecandu narkoba ini justru difitnah dengan bermacam-macam tuduhan. Hal yang sama juga dialami Romo Sandyawan. Bersama Tim Relawan Untuk Kemanusiaan, dia dengan tulus membantu korban-koban perkosaan pada kerusuhan 12-13 Mei 1998. Apa yang mereka dapat? Hujatan, teror, bahkan ancaman keselamatan.

Jika begitu, apakah kita lalu berhenti berbuat baik? Dalam hal ini Paulus memberi saran supaya kita jangan sampai kalah terhadap kejahatan: “Tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!” (Rm.12:21) Kalau kita mutung (patah arang) berbuat baik, hal ini justru akan merugikan orang lain yang benar-benar membutuhkan kebaikan kita. Ibu Theresa pernah memberi nasihat, “berbuatlah baik kepada semua orang. Meskipun orang lain menanggapinya dengan kejahatan, tetapi tetaplah berbuat baik.”

Kita berbuat baik kepada orang lain, karena Tuhan telah lebih dulu berbuat baik kepada kita. Perbuatan baik kita adalah ungkapan syukur atas kebaikan Tuhan kepada kita. Semoga ini yang mendasari kita untuk berbuat baik kepada orang lain. (Wwn)

Baca Tulisan lainnya di blog Purnawan Kristanto [http://purnawan-kristanto.blogspot.com
]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *